Powered By Blogger

Rabu, 23 November 2011

Berkat Internet, Kuliah Saya “Xlangkah Lebih Maju”


   
          Saya anak kuliahan, tepatnya di Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. Sejak SMA saya telah mengenal yang namanya internet, akan tetapi karena sekolahnya Boarding School yang terletak di Desa Parigi Pegunungan Malino Sulawesi Selatan, tempat dibuatnya Perjanjian Damai Ambon yang di prakarsai oleh Pak Jusuf Kalla. Pada waktu itu untuk mengakses internet di sekolah masih sangat sulit dikarenakan sinyal di sekitar sekolah masih sangat lemah.
     Setelah menyelesaikan studi di Malino saya melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin di Kota Makassar. Perkembangan hukum sangatlah dinamis sehingga sebagai mahasiswa yang menekuni bidang hukum, kita dituntut untuk up to date dalam mencari dan menggali informasi mengenai perkembangan hukum setiap harinya, baik itu untuk menambah pengetahuan di bidang hukum maupun untuk melengkapi referensi tugas perkuliahan. 
     Awalnya saya sangat kewalahan dengan tugas-tugas kuliah dengan banyaknya referensi yang harus dikumpulkan begitu juga dengan penyajian materi dalam ruangan perkuliahan harus pula selalu up to date dalam informasi, ketika dosen menyampaikan materi, undang-undang, peraturan perundangan, maupun kasus yang terkait dengan materi. Materi kuliah tersebut harus telah dipahami dan diketahui betul karena di awal kuliah dosen biasanya langsung menanyakan apa undang-undang atau peraturan yang mengatur dalam kasus tersebut, bahkan kronologis kasus selengkapnya dilengkapi dengan solusi yang di harapkan sebagai pemecahan masalah. "Oh my God!!! betapa beratnya beban kuliah ini tanpa bantuan referensi dan informasi yang cepat dan memadai...". Bagaimana ya, agar referensi tugas-tugas saya bisa terpenuhi dan bisa going to the extra mile atau Xlangkah Lebih Maju dari teman-teman yang lain? pikirku seraya berdoa dan  terus mencari solusi yang tepat. Sampai tiba saatnya saya berpikir untuk menggunakan fasilitas internet baik menggunakan laptop maupun mobile phone dengan sambungan koneksi operator seluler untuk mengatasi masalah tersebut. 
     Setiap pulang kuliah saya mengumpulkan dan men-download bahan-bahan kuliah sepuasssnya dan semauuuunya, asyiiiikkk….lancar dan lengkap abissss……begitu pula dengan masalah dalam ruang perkuliahan jika belum mempersiapkan materi yang akan diajarkan dosen atau sedang dalam diskusi maupun presentasi materi dalam ruang kuliah…saya langsung saja menggunakan mobile phone dengan sambungan operator seluler…klik web address…masukkan link, lalu klik….jadi deh download abisss… semua materinya….mantap!!!. Sehingga saya tidak kesulitan lagi dalam mencari dan menggali informasi mengenai materi perkuliahan. Pada suatu kesempatan ketika dosen memberikan pertanyaan di dalam ruang kuliah dengan iming-iming nilai A atau bebas ujian bagi mahasiswa yang bisa menjawab dengan lengkap dan benar. Langsung saja saya buka internet browser melalui mobile phone yang tidak dipikirkan oleh teman-teman yang lainnya, mencari dan men-download jawabannya. Walhasil, saya berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan lengkap, sebagai imbalannya dosen memberikan nilai A dan bebas ujian. Alhamdulillah…Begitulah seterusnya bagaimana saya memperbaiki prestasi dan informasi dengan internet. 
     Kini dengan dukungan fasilitas internet yang semakin mudah untuk diakses, prestasi kuliah saya meningkat baik dalam mengikuti lomba tingkat universitas maupun nasional, begitupula perolehan nilai kuliah saya hingga di akhir studi S1 saya berhasil meraih predikat cum laude. Hal ini tidak terlepas dari peran internet dalam mendukung pendidikan saya, dan yang tidak kalah pentingnya saya bebas tes masuk Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin. Hingga saat ini saya tetap menggunakan fasilitas internet yang saya miliki untuk membantu kelancaran kuliah saya. Begitulah ceritanya bagaimana internet membuat  saya Xlangkah Lebih Maju dari teman-teman yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar